1/02/2012
By - 1/02/2012
Kata unyu-unyu sedang booming dijagad maya, orang pada bingung, apa sih arti kata unyu-unyu tersebut.Inilah arti sebenarnya,Fakta or Fiksi?
Fakta Unik: kata Unyu-unyu tidak memiliki arti sama sekali!
Kata Unyu-unyu tidak memiliki arti sama sekali!
photo:google image.

Tahukah anda arti kata unyu-unyu sebenarnya? Belakangan , banyak bermunculah istilah asing di media internet melalui jaringan Social Media seperti Twitter dan Facebook. Bahasa yang digunakan pada jejaring ini banyak diwarnai bahasa gaul, karena memang sebagian besar pengguna jejaring ini adalah kawula muda.

Istilah tersebut antara lain adalah garing, gubrak, galau, lebay, curcol, hingga yang terbaru saat ini adalah unyu-unyu.Pengguna facebook (biasa disebut facebooker) dan pengguna Twitter tidak mengerti asal-usul dan makna dari kata-kata tersebut.

Misalnya saja kata garing yang sudah ada sejak lama dan asal muasalnya pun jelas. Kata garing berasal dari bahasa Sunda yang berarti “tidak lucu”. Kemudian, karena sering digunakan dalam pembicaraan, akhirnya kata ini pun popular.

Asal muasal dan arti kata Unyu-unyu

Baru-baru ini, muncul istilah unyu-unyu di jejaring sosial. Kata ini menjadi sedikit kontroversi di kalangan komunitas alay. Ada yang mengatakan unyu-unyu memiliki makna yang sama dengan kata whatever (apa saja) jika kata ini digunakan dalam konteks marah. Lain lagi jika kata ini digunakan dalam konteks senang, yang maknanya akan berubah menjadi cute (imut, manis, atau menggemaskan).

Ada juga yang mengatakan bahwa unyu-unyu bermakna anjing dalam bahasa Sansekerta. Makna anjing inilah yang kemudian menjadi perdebatan dalam komunitas alay.Mereka seolah tidak terima kalau kata unyu-unyu ini diberi makna anjing.

Meluruskan arti kata Unyu-unyu

Unyu,Kyaa,Unyaa, Urya,Urgh adalah bahasa Manga (komik Jepang) yang menggambarkan (mewakili) emosi si karakter. Seperti Unyu mewakili emosi gemas, lucu, geregetan, dll. Kyaa mewakili emosi kaget, terkagum-kagum, luapan emosi tiba-tiba dst. Jadi, ditelisik dari kamus manapun kata unyu-unyu tidak akan ditemukan padanannya. Jadi kata unyu-unyu hanyalah kata baru yang diciptakan para komunitas alay yang maknanya hanya dapat dimengerti oleh komunitas itu sendiri.

Sumber:

[1]


Sebarkan artikel ini jika memang bermanfaat. Tapi jangan lupa meletakkan sumber rujukan asli yang disertakan oleh .
415

 

Start typing and press Enter to search